Alasan Pria Ogah Pake Cincin Kawin

"Kenapa sih pria ogah pake cincin kawin kalau udah nikah?" Pertanyaan ini kerap kali muncul di kalangan wanita ketika melihat temannya atau bahkan pasangannya sendiri saat sudah menikah.

Padahal cincin kawin adalah lambang sucinya perkawinan dan suatu ungkapan bersatunya dua cinta sejati ke dalam suatu perkawinan. Jadi secara idealnya mestinya harus dipakai seseorang baik pria maupun wanita sebagai tanda kalau mereka sudah menikah atau bisa juga secara klise sebagai suatu simbol agar selalu teringat akan pasangannya.

Tetapi memang banyak sekali dijumpai pada beberapa pria yang udah menikah tapi tak memakai cincin kawinnya. Ada suatu jawaban yang enteng dan iseng banget, "Iya, biar tetap terlhat single, jadi bisa cari lagi donk." Jawaban ini sering kali terlontar dari sebagian pria yang sudah menikah atau bisa juga ini menjadi salah satu pandangan wanita ketika ditanyai tentang hal ini.

Dibalik itu semua, apa memang pasti begitu alasan keengganan seorang pria memakai cincin kawinnya hanya semata-mata agar bisa mencari lagi yang lain. Ternyata hal ini bukanlah satu-satunya alasan tetapi masih ada beberapa yang lain yang menyebabkan hal ini.

1. Enggan memakai cincin kawin karena merasa sayang. Bayangkan saja biasanya cincin kawin itu khan mahal banget bahkan sampe bertahtakan berlian. Bayangkan kalau sampai dibuat kerja, misalnya untuk menghitung uang, mencari dokumen dan mengangkat beban, karena memang kodrat seorang pria banyak berhubungan dengan aktivitas yang berat. Tipe pria model ini cenderung menggunakan cincin hanya pada even tertentu saja, karena mereka tak ingin cincin nikah mereka rusak dan mengurangi kesakralan cincin pengikat ini.

2. Cincin termasuk sebagai salah satu jenis perhiasan. Nah, tidak semua pria terbiasa memakai perhiasan, salah satunya seperti cincin. Dapat kita lihat jarang banget kita temukan pria yang memakai cincin kecuali untuk tuntutan profesi seperti mbah-mbah dukun yang memang sudah jadi trademark mereka. Pria merasa risih memakai cincin jika memang mereka bukan tipe pria yang suka aksesori sebagai pelengkap penampilan mereka.

3. Enggan memakai cincin karena tak mau dianggap pamer. Dibanding wanita pria bukan sosok yang suka pamer dan suka mencari perhatian terlebih dengan cincin kawin mereka.

4. Memakai cincin kawin bisa menarik perhatian orang asing untuk bertanya yang bukan-bukan. Nah, untuk menghindari hal negatif, pria cenderung lebih suka 'menyembunyikan' cincin kawin mereka.

5. Faktor keamanan jadi alasan pria enggan memakai cincin kawin.

Memakai cincin kawin bukan jaminan bahwa seseorang itu setia. Mau pake cincin kawin sampai jari tak kelihatan, bukan jaminan pria tak akan berselingkuh. Kalau mata dan hati udah bertaut apa yang bisa dikata. Cincin hanyalah simbol, yang paling penting adalah pendirian di hati. So, masihkah kita beranggapan kalau tak memakai cincin kawin itu berarti pertanda ingin selingkuh?

Technorati Tags: ,


Related Posts by Tags



No comments:

Post a Comment