Menyambut Datangnya Si Kecil

Hamil, terutama bagi kebanyakan calon ibu baru, merupakan masa-masa yang sangat menyenangkan karena seorang perempuan diberi anugerah keturunan. Namun bagi calon ibu baru, terkadang hal ini juga merupakan saat yangmengkhawatirkan, maklum anak pertama, belum punya pengalaman hamil dan melahirkan.

Proses kehamilan biasanya berlangsung hingga 40 minggu. Dalam kurun waktu itu masa paling penting adalah trimester pertama yakni mulai satu hingga 13 minggu.

Pada trimester pertama ini janin mulai berkembang. Selama 60 hari pertama, kebanyakan organ bayi terbentuk. Di tahap ini bayi yang belum lahir itu sangat sensitif terhadap unsur-unsur kimia di sekitarnya, obat-obatan dan virus yang akhirnya akan mengakibatkan masalah dalam kelahirannya. Oleh karena itu, hendaknya Anda hati-hati jika akan mengonsumsi obat-obatan. Sebaiknya Anda menghubungi dokter atau bidan untuk berkonsultasi jika merasa tidak enak badan.

Ukuran bayi/janin biasanya sekira 3 inci dan beratnya sekira 1 ons hingga akhir trimester pertama. Suatu hal yang wajar jika kepalanya kelihatan agak tidak proporsional dengan badannya yang kecil.

Ketika Anda mengetahui bahwa diri Anda hamil, segeralah mengunjungi bidan atau dokter sehingga mereka bisa memberikan nasihat dan vitamin yang diperlukan oleh Ibu. Jangan lupa untuk meminum teratur vitamin yang diberikan dokter Anda.

Mungkin beberapa perkembangan di bawah ini perlu Anda ketahui, betapa perkembangan si kecil begitu pesat di dalam rahim Anda, ibunya.

- Pada minggu ke-7, biasanya kita bisa melihat perkembangan janin dalam rahim dan mendeteksi detak jantungnya melalui ultrasonografi (USG).

- Minggu ke-8, wajah dan roman muka bayi akan terbentuk.

- Sel tulang pertamanya pun tumbuh.

- Jari tangan dan kakinya pun tumbuh, diikuti dengan kuku pertamanya.

- Demikian juga dengan hatinya yang sudah mampu membuat empedu, ginjal mulai mengeluarkan urin ke kandung kemih.

- Sirkulasi dan sistem pernapasan mulai berfungsi.

- Janin juga mulai bergerak meskipun sang ibu belum merasakannya sampai nanti pada usia empat bulan.

Ada beberapa hal yang juga diajurkan untuk ibu hamil:

1. Minumlah air sedikitnya delapan gelas per hari, makan dalam porsi kecil, namun yang memiliki kandungan protein tinggi, besi dan kalsium. Jika Anda mengalami masa tidak enak, misalnya muntah-muntah, cobalah untuk menjadwal makan yang sekiranya enak dimakan. Boleh juga mengonsumsi makanan ringan yang sehat, namun perhatikan makanan itu jangan sampai menghalangi jadwal makan Anda.

2. Hal yang juga penting, cukuplah beristirahat. Olah raga masih boleh dilakukan, 20 menit berjalan kaki bagi wanita hamil tampaknya cukup untuk menyehatkan jantung. Anda juga bisa berenang dan bersepeda sekira 15 menit tiga kali seminggu. Setelah kehamilan membesar, Anda bisa mengikuti senam untuk wanita hamil.

3. Akan tetapi, Anda juga hendaknya berhenti mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, atau obat penenang. Kurangi mengonsumsi kafein. Boleh mengonsumsi obat hanya dengan izin dokter.

4. Saat payudara Anda membesar, pilih bra khusus untuk wanita hamil dan menyusui. Ada baiknya memilih bra satu nomor di atas yang Anda kenakan sekarang karena payudara akan terus membesar hingga Anda menyusui kelak.

Jika Anda masih merasa waswas dengan kehamilan itu, ada baiknya untuk membuat catatan tentang perasaan Anda tersebut lalu sering-sering berkomunikasi dengan sesama wanita hamil yang usia kehamilannya seumur dengan kehamilan Anda. Ajaklah suami Anda berbicara seputar kehamilan yang sedang terjadi. Saat ini banyak buku atau majalah yang membahas tentang kehamilan dan itu akan berguna untuk Anda baca.

Saat hamil adalah saat yang indah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda berfoto setiap bulan. Mungkin membayangkan masa kecil Anda merupakan sesuatu yang bisa berguna untuk menentukan apa yang kelak Anda inginkan dan yang tidak diharapkan saat mendidik si buah hati kelak.

**

Pada trimester kedua (berlangsung sekira 14 hingga 26 minggu), organ-organnya mulai mature. Nah, biasanya pada trimester dua ini perut ibu hamil akan mulai melar. Dengan demikian, banyak wanita yang mulai menggunakan busana yang agak longgar saat itu.

Dalam rahim, lapisan berisi cairan amniotik mulai melindungi sang janin yang sedang berkembang. Di masa ini ada beberapa hal yang juga berkembang, tentu saja ukuran badannya pun tumbuh. Alat kelaminnya akan terbentuk sempurna pada minggu ke-14. Dan saat ini, USG dapat mendeteksi jenis kelamin sang bayi. Pada minggu ke-12 hingga 14, denyut jantung dapat didengarkan melalui statoskop. Pendengarannya akan berfungsi saat ia memasuki usia 24 minggu sehingga ia bisa memberikan respons pada suara di luar. Ia akan mendengar suara ibunya dan suara itu akan dikenalinya saat ia dilahirkan. Di masa ini ada baiknya Anda sering-sering membaca Alquran atau memperdengarkan lagu-lagu klasik.

Mulai umur 16 minggu, bayi sensitif terhadap cahaya dan pada memasuki 28 minggu bayi dapat membuka matanya dan menggerakkan kepalanya.

Beberapa hal yang penting diketahui dan dilakukan:

1. Pada masa ini biasanya mabuk, ngidam (morning sick) tidak akan terasa lagi, Anda pun akan makan dengan enak. Oleh karena itu, inilah saat Anda harus makan cukup protein, kalsium, dan zat besi. Olah raga teratur dan lakukan Kegel execises untuk menguatkan otot sekitar panggul. Senam hamil pun perlu.

Ingat-ingat kapan Anda harus memeriksakan kandungan ke bidan atau dokter dan tanyakan apa pun yang ingin Anda ketahui mengenai kehamilan. Lebih baik cerewet ketimbang diam, tetapi tidak tahu apa-apa.

2. Jika Anda bekerja, pastikan Anda tahu bagaimana kebijakan kantor Anda mengenai penggantian biaya kesehatan serta melahirkan. Juga Anda semestinya mengetahui kapan Anda harus meninggalkan si kecil dan rencanakan dengan baik tentang perawatan untuknya sehingga kalaupun Anda bekerja si kecil terjamin segala sesuatu yang dibutuhkannya. Perhitungkan kapan Anda harus menyusui atau memompa ASI untuk bayi.

3. Putuskan di mana bayi Anda akan tidur, mulailah membersihkan tempat tersebut. Jika perlu renovasi, segeralah lakukan sebelum lahirnya si buah hati.

4. Siapkan perlengkapan dan pakaian jabang bayi, tentu yang nyaman untuknya. Biasanya di toko-toko yang menyediakan peralatan bayi Anda akan diberi daftar yang bisa dibeli untuk keperluan bayi.

**

Memasuki trimester ketiga (27 hingga 40 minggu), bayi dalam rahim terus berkembang. Pada bulan kesembilan bayi biasanya tetap dalam posisi tertentu dengan kepala di bawah serta tangan dan kakinya menekuk di dada. Pada minggu ke-28, mata bayi akan terbuka dan jika ia lahir pada waktu tersebut ia akan mampu menggerakkan bibirnya dan sudah bisa menangis meskipun lemah. Meskipun belum bulannya dan ia lahir prematur, 90 persen di antara mereka bisa bertahan hidup.

Pada trimester tiga, tetaplah menjaga pola makan, sedikit-sedikit dan makanan sehat, juga minum banyak-banyak, istirahatlah yang cukup, jalan santailah tiap hari, teruskan latihan Kegelnya.

Jika Anda menemukan tanda-tanda tidak lazim, seperti bercak darah keluar dari vagina, pembengkakan di kaki dan pipi, rasa sakit yang hebat di perut, sebaiknya segera hubungi dokter karena hal itu bisa jadi tanda berbahaya bagi kehamilan maupun diri Anda.

Selain itu, bila Anda sudah memiliki anak, sebaiknya ajak kakak si jabang bayi berkomunikasi tentang adiknya dan pastikan dia tahu Anda sayang kepada dia dan calon adiknya.

Pada terimester tiga ini, sebaiknya persiapkan baju-baju yang akan Anda bawa ke rumah sakit saat melahirkan. Kehamilan bukan berarti menghalangi Anda melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti nonton film di bioskop atau pergi ke salon untuk merawat diri. Jalan-jalanlah bersama teman.


Sumber : Pikiran Rakyat

Related Posts by Tags



2 comments: