Tanaman Obat yang Paling Mujarab

Lima tanaman yang disebutkan di bawah ini dianggap sebagai obat herbal yang paling dicari orang di seluruh dunia. Hal ini juga didukung oleh Herb Research Foundation, sebuah lembaga peneliti manfaat tanaman bagi kesehatan manusia di Amerika Serikat. Karena itu, apabila anda mengalami gejala-gejala penyakit yang disebutkan di bawah ini, gunakanlah tanaman-tanaman tersebut untuk menyembuhkannya.

Namun, sebelum menggunakannya, sebaiknya konsultasikanlah terlebih dulu dengan dokter. Ini terutama dianjurkan kalau orang sedang menggunakan obat resep. Soalnya, penggunaan obat herbal bersama obat resep sekaligus dapat meningkatkan efek sampingnya dan menimbulkan bahaya.

Ginseng
Manfaat ginseng yang paling terkenal ialah untuk menambah energi. Selain itu, tanaman ini juga sangat bermanfaat untuk mengurangi stres, memperbaiki pencernaan, dan meningkatkan kesehatan tubuh secara umum. Namun, anda perlu hati-hati dengan efek sampingnya karena ginseng dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, ginseng dapat berinteraksi dengan obat-obat antikoagulan (obat yang mencegah pembekuan darah).

Saint-John's wort
Tanaman ini dianjurkan untuk mengatasi depresi ringan hingga sedang. Namun, orang juga dapat menggunakannya untuk mengatasi insomnia dan menghilangkan rasa nyeri saraf kronis. Saint-John's wort juga dapat mengatasi peradangan dan rasa sakit karena memar, benjol dan tergores. Namun, orang juga perlu berhati-hati dengan efek sampingnya, yaitu makin pekanya kulit terhadap sinar matahari. Juga, pakar menganjurkan agar orang tidak menggunakannya kalau dia sedang mengkonsumsi obat antidepresan.

Bawang putih
Bawang putih disebut juga sebagai tanaman ajaib. Soalnya, orang dapat menggunakannya untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol serum dan meningkatkan sistem imunitas. Selain itu, bawang putih juga dapat menurunkan risiko kanker. Sedangkan efek sampingnya ialah iritasi lambung dan perut kembung. Efek buruk lainnya ialah menurunnya kemampuan darah untuk membeku.

Ginkgo biloba
Tanaman ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki daya ingat. Ginkgo biloba juga dapat membantu mengobati penyakit Alzheimer. Namun, tanaman ini juga mempunyai berbagai efek samping, seperti menimbulkan sakit kepala, mual, pusing, dan reaksi alergi. Juga, ginkgo biloba dapat mengganggu pembekuan darah. Karena itu, sebaiknya orang tidak menggunakannya kalau dia saat itu sedang menggunakan obat antikoagulan, seperti aspirin.

Echinacea
Tumbuhan ini dapat mengatasi demam, flu, dan infeksi virus. Ini terjadi karena echinacea berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan efek sampingnya ialah mengakibatkan orangnya pilek dan matanya berair kalau dia alergi terhadap tumbuhan yang mirip dengan bunga aster ini. Para pakar tidak menganjurkan penggunaan echinacea kalau dia sedang menderita penyakit autoimunitas, seperti lupus, skelerosis multipel atau artritis reumatoid.


Kutipan dari berbagai sumber

Related Posts by Tags



No comments:

Post a Comment